FESTIVAL LITERASI GERAKAN MENULIS BUKU INDONESIA

Tanggal

PROGRAM NYALANESIA

PROGRAM
NYALANESIA

1. GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah jutaan rupiah.

2. SPL Nasional 2021

Sosialisator Program Literasi Nasional (SPL Nasional) adalah penggerak literasi nasional yang dibentuk, dilatih dan dikembangkan oleh Tim GMB-Indonesia

3. BANPELIP

Program BANPELIP berfokus untuk mendorong peningkatan kompetensi berliterasi melalui serangkaian program pelatihan dan sertifikasi, sekaligus mendorong produktivitas dan publikasi karya dengan fasilitas penerbitan buku selama 3 tahun.

“Semangat Berkarya Membangun Bangsa”

Dalam rangka menyukseskan program Gerakan Literasi Sekolah, Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama Balai Bahasa Jawa Tengah serta Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud RI akan menyelenggarakan Festival Literasi Gerakan Menulis Buku Indonesia. Acara ini akan menghadirkan para pembicara spesial sebagai berikut:

1.  Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI)
*Dalam konfirmasi

2.  Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. (Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendkibud RI)

3.  Dr. Tirto Suwondo, M.Hum. (Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah)

4.  Dr. Sutejo, M.Hum. (Pendiri Sekolah Literasi Gratis, Dosen, Sastrawan, dan Trainer)

Kiriman Menarik Lainnya:  Keren! Gerakan Ini Mengajak Lebih dari 19.000 Pelajar Bersama-Sama Menulis Buku

5.  M. Aan Mansyur (Sastrawan, Penulis Buku “Tidak Ada New York Hari Ini” yang puisinya digunakan di film Ada Apa dengan Cinta 2)

6.  Tatang Badru Tamam (Tenaga Ahli Madya Kedeputian IV Kantor Staf Presiden)

Festival Literasi Gerakan Menulis Buku Indonesia akan diselenggarakan pada

hari : Selasa
tanggal : 6 November 2018
pukul : 07.00—13.30
tempat : Graha Saba Buana Convention Center
Jalan Letjen Suprapto 80-B, Sumber, Banjarsari, Surakarta

Talkshow dan Lokakarya:

1. Talkshow Pendidikan dan Literasi dengan tema “Bersama Literasi Membangun Peradaban Bangsa” bersama Bapak Yahya Tatang Badru Tamam* (Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi, Kantor Staff Presiden (KSP)), Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum. (Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa), dan M. Aan Mansyur (Penulis Nasional).

Kiriman Menarik Lainnya:  SMA Negeri 2 Kendal Selenggarakan Peringatan Hardiknas dan Hari Buku Dunia Tahun 2019

2. Lokakarya Kepenulisan bersama Dr. Sutejo, M.Hum. (Pendiri Sekolah Literasi Gratis, Dosen, Sastrawan, dan Trainer)

Terima kasih atas apresiasi, dukungan, dan partisipasi aktif dari para akademisi, instansi pemerintahan, sponsor, jurnalis, dan pihak-pihak lainnya yang telah membantu terselenggaranya acara ini.

Dengan terselenggaranya acara ini, besar harapan kami dapat bersama-sama membangun dan memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia melalui kegiatan ini. Salam #nyalakanmasadepan!

Artikel
Terkait

Mari Bergabung Bersama Nyalanesia

SOCIAL MEDIA OFFICER TUPOKSI1. Mengelola Sosial Media Perusahaan2. Membuat Konten Tulisan3. Mereview Konten Kiriman SYARAT1. Laki-laki/Perempuan usia 21-28 tahun.2. Domisili Karesidenan Solo.3. Tidak sedang menempuh pendidikan (kuliah).4. Berpengalaman mengelola sosial media atau membuat konten tulisan minimal 1 tahun.5. Pernah mempunyai pengalaman mengikuti organisasi (Di kampus/di

Selengkapnya »

GIVE AWAY BUKU “ANDY NOYA: KISAH HIDUPKU”

MENULIS KESAN MENJADI PENGGERAK LITERASI DAPATKAN 10 BUKU KARYA ANDY NOYA UNTUK 10 PENULIS TERPILIH Ketentuan dan alur mengikuti: Peserta adalah Penggerak Literasi (SPL Nasional dan Penggerak Literasi Daerah 2021) 2. Tulisan berisi mengenai kesan terpilih menjadi Penggerak Literasi, kesan bertemu dengan Andy Noya dan

Selengkapnya »
daftar pustaka

Daftar Pustaka: Tata Cara Penulisan

DAFTAR PUSTAKA-Dalam penulisan suatu karya ilmiah, kita dituntut untuk menyajikan informasi dengan disertai sumber yang benar. Tuntutan menyajikan informasi dengan sumber yang benar itulah yang membuat penulisan daftar pustaka dibutuhkan bahkan diwajibkan. Nah, dalam kiriman ini, akan dibahas tentang cara menulis sumber kutipan dan daftar

Selengkapnya »