Nyalanesia Terbitkan 50 Buku Tiap Bulannya - Nyalanesia
Search
Close this search box.
Nyalanesia Terbitkan 50 Buku Tiap Bulannya

BERAWAL dari kepedulian dalam memajukan budaya literasi di tanah air, Lenang Manggala mendirikan Nyalanesia.

Berdiri sejak dua tahun lalu, Lenang melihat pendidikan dan budaya literasi memiliki peran yang sangat vital dalam upaya memajukan peradaban suatu bangsa. “Pendidikan dan budaya literasi adalah jembatan yang mengantarkan masyarakat untuk menjadi pribadi yang lebih berkualitas dalam hal keilmuan, kompetensi, karakter dan semangat untuk berkarya dan berdaya guna,” sebutnya.

Di sisi lain, dia melihat bagaimana suatu sistem bisnis dapat memiliki kekuatan dan pola yang luar biasa dalam bertahan dan mewujudkan suatu visi. Berangkat dari sini kemudian terbentuk Nyalanesia sebagai usaha sosial yang bergerak di bidang literasi dan pendidikan.

Sampai saat ini Nyalanesia telah berhasil mendonasikan lebih dari 5.000 buku ke pelosok Nusantara serta membantu lebih dari 60.000 penulis untuk menerbitkan karyanya secara gratis. Bahkan, dalam satu bulannya rata-rata berhasil menerbitkan 50 judul buku dan menghimpun ratusan donasi buku.

Kiriman Menarik Lainnya:  FESTIVAL LITERASI GERAKAN SEKOLAH MENULIS BUKU CHAPTER II: SOLORAYA

“Kami menciptakan sebuah platform sekaligus program penerbitan buku gratis yang mudah, cepat, menyenangkan sekaligus menguntungkan bagi akademisi Indonesia,” kata Lenang. Menurut Lenang, dengan menggabungkan konsep sharing economy, co-creation dan freemium platformnya dapat memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berkarya dan memublikasikannya secara gratis, mudah dan menyenangkan.

“Selain itu, kami juga membantu meningkatkan kualitas ekonomi para penulis dengan menerapkan sistem royalti dan komisi rekomendasi bagi relawan kami,” tambah Lenang. Program lain yang diadakan Nyalanesia untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi di bidang pendidikan dan literasi adalah mengadakan acara-acara tingkat nasional.

“Secara berkala, kami juga menyelenggarakan sejumlah event seperti workshop , seminar dan kompetisi di tingkat nasional yang diikuti ribuan peserta,” ujar Lenang. Meski terlihat lancar dalam menjalankan usahanya ternyata cowok berusia 25 tahun ini pernah mengalami kendala dalam menjalankan programprogramnya.

Kiriman Menarik Lainnya:  Ibu Saya Romantis karena Memasak untuk Menghidupi Kesenangannya

“Kami pernah mengalami kendala mengajukan kerja sama dengan beberapa instansi pemerintah dan instansi pendidikan,” kata Lenang.Tetapi hal ini tak menyurutkan semangatnya. Hingga kini ia akhirnya berhasil bekerja sama dengan Koordinator Gerakan Literasi Nasional Kemdikbud RI dan berbagai instansi pendidikan maupun pemerintahan.

Kini beberapa penghargaan pernah diterima Lenang seperti finalis penghargaan SATU Indonesia Award kategori Ide Perubahan Bidang Pendidikan (2016), Top 20 ASEAN Young Socialpreneurs (2017) dan pemegang tiga rekor MURI di bidang literasi (2017).

Saat ini Nyalanesia sudah tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, programnya digunakan juga di Malaysia, Taiwan, Hong Kong dan Australia. Program-program yang berada di Nyalanesia, di antaranya Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB), Akademisi Menulis Buku, Semangat Sejuta Buku Untuk Indonesiaku, Buy Book Get Notebook, Sinergi Literasi, workshop, dan seminar.

Reporter: Ahmad Rifai/GenSindo

KORAN SINDO
Edisi 12-05-2018

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Sekolah Literasi Nasional adalah program yang memfasilitasi sekolah secara utuh untuk menciptakan transformasi literasi dan pendidikan berkemerdekaan. Seluruh siswa dan guru, selama 1 tahun penuh akan didampingi untuk meningkatkan kompetensi, prestasi dan melahirkan output berupa karya, sertifikasi, dan proyek-proyek berdampak.

Program ini dirancang khusus agar sekolah dapat dengan mudah dan optimal dalam mengimplementasikan program 6 Literasi Dasar GLS, serta implementasi Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya dan menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Program ini telah terselenggara 7 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 35 provinsi di Indonesia.

SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi BNSP Selamat datang di laman Sertifikasi BNSP yang dipersembahkan oleh Nyalanesia. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan praktisi trainer/instruktur dan asesor resmi bersertifikasi BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Bapak/Ibu telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi.

TEACHER MASTERCLASS

Teacher Masterclass adalah program workshop intensif nasional untuk guru dan dosen guna meningkatkan kualitas diri, melalui 4 kelas eksklusif yakni Kelas Inovasi, Kelas Pemikiran, Kelas Literasi dan Kelas Transformasi, dengan konsep kegiatan edutainment yang berbasis praktik dan output karya.

NEXTGEN TEACHER ACADEMY


NextGen Teacher Academy adalah program Online Bootcamp interaktif selama 30 hari yang didesain secara khusus untuk para guru dan dosen di Indonesia. Dengan metode pelatihan yang mengedepankan pendampingan intensif, berbasis keahlian praktis dan memiliki output berupa karya nyata, program ini didedikasikan untuk melahirkan generasi baru para pendidik masa depan yang kreatif, sejahtera dan mampu memberikan dampak berkelanjutan.

Berbekal sumber daya mentor yang profesional dan hangat, 3 kelas berdampak yang bersertifikat, fleksibilitas pembelajaran, dan dukungan program berupa konsultasi, praktik, evaluasi dan komunitas berkualitas, seluruh peserta mendapat garansi 30 Hari Jadi Ahli, atau uang kembali.

Artikel
Terkait

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x