JOKOWI-PRABOWO BERPELUKAN—Pesta Olahraga: Memeluk Indonesia! - Nyalanesia
Search
Close this search box.
JOKOWI-PRABOWO BERPELUKAN—Pesta Olahraga: Memeluk Indonesia!

Nelson Mandela pernah mengatakan bahwa olahraga memiliki kekuatan untuk mengubah dunia. Olahraga memiliki kekuatan untuk menginspirasi, memiliki kekuatan untuk menyatukan bangsa dengan cara yang tidak bisa dilakukan yang lain. Di Indonesia, hal itu bisa kita lihat pada momen yang kemarin terjadi, ketika atlet silat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah, mampu membuat Jokowi-Prabowo berpelukan.

Di tengah suasana politik yang memanas menjelang pemilihan presiden tahun depan, momen itu seakan menjadi angin semilir di tengah padang pasir. Narasi-narasi negatif yang banyak bertebaran belakangan ini seketika tersingkir dengan berita sejuk momen berpelukannya dua tokoh bangsa ini.

Momen tersebut seakan menyentil para pendukung dari kedua kubu yang terus berseteru, dan melawan pihak-pihak tak bertanggung jawab yang ingin memecah belah bangsa Indonesia. Momen tersebut juga bisa menjadi pendidikan karakter terbaik bagi para pelajar, generasi muda kita.

Kiriman Menarik Lainnya:  KANJENG NABI DAN RENCANA MENYELESAIKAN SKRIPSI

Pesta olahraga Asian Games ternyata mampu menyadarkan kita bahwa bangsa ini lahir dari semangat persatuan berbagai suku, agama, ras, dan golongan. Kita mengingat Sumpah Pemuda, mengingat berbagai organisasi yang lahir atas dasar semangat persatuan, dan kita mengingat berbagai pertempuran merebut kemerdekaan yang diperjuangkan seluruh rakyat Indonesia. Pada Asian Games ini, ketika para atlet berjuang mengharumkan nama bangsa, kita juga bersatu mendukung pahlawan-pahlawan kita itu. Kita menyingkirkan segala perbedaan suku, ras, agama, bahkan pandangan politik, untuk berdiri berdampingan di tribun penonton, atau duduk bersama di depan televisi dan mendukung perjuangan atlet-atlet Indonesia.

Kiriman Menarik Lainnya:  Ikutilah Webinar Nasional Pengembangan Literasi Nasional

Dan momen berpelukan dua tokoh bangsa, Jokowi dan Prabowo, menjadi puncak dari perayaan semangat persatuan Indonesia.

Semangat berkompetisi di Asian Games ternyata dapat menyatukan kita, bangsa Indonesia. Dan bukan tidak mungkin, semangat kompetisi di pemilihan presiden tahun depan juga akan sama, dapat menjaga semangat persatuan Indonesia.

Jika kita bersatu, kita bisa melakukan apa saja. Maka mari kita bersama-sama memeluk rasa persatuan dalam diri kita, bagi Indonesia!

Oleh: A. W. Priatmojo

Aktif di organisasi Gerakan Menulis Buku Indonesia

“Kalau ada persatuan semua bisa kita kerjakan. Jangankan rumah, gunung dan laut bisa kita pindahkan.”

― Pramoedya Ananta Toer, dalam novel Sekali Peristiwa di Banten Selatan

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Sekolah Literasi Nasional adalah program yang memfasilitasi sekolah secara utuh untuk menciptakan transformasi literasi dan pendidikan berkemerdekaan. Seluruh siswa dan guru, selama 1 tahun penuh akan didampingi untuk meningkatkan kompetensi, prestasi dan melahirkan output berupa karya, sertifikasi, dan proyek-proyek berdampak.

Program ini dirancang khusus agar sekolah dapat dengan mudah dan optimal dalam mengimplementasikan program 6 Literasi Dasar GLS, serta implementasi Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya dan menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Program ini telah terselenggara 7 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 35 provinsi di Indonesia.

SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi BNSP Selamat datang di laman Sertifikasi BNSP yang dipersembahkan oleh Nyalanesia. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan praktisi trainer/instruktur dan asesor resmi bersertifikasi BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Bapak/Ibu telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi.

TEACHER MASTERCLASS

Teacher Masterclass adalah program workshop intensif nasional untuk guru dan dosen guna meningkatkan kualitas diri, melalui 4 kelas eksklusif yakni Kelas Inovasi, Kelas Pemikiran, Kelas Literasi dan Kelas Transformasi, dengan konsep kegiatan edutainment yang berbasis praktik dan output karya.

NEXTGEN TEACHER ACADEMY


NextGen Teacher Academy adalah program Online Bootcamp interaktif selama 30 hari yang didesain secara khusus untuk para guru dan dosen di Indonesia. Dengan metode pelatihan yang mengedepankan pendampingan intensif, berbasis keahlian praktis dan memiliki output berupa karya nyata, program ini didedikasikan untuk melahirkan generasi baru para pendidik masa depan yang kreatif, sejahtera dan mampu memberikan dampak berkelanjutan.

Berbekal sumber daya mentor yang profesional dan hangat, 3 kelas berdampak yang bersertifikat, fleksibilitas pembelajaran, dan dukungan program berupa konsultasi, praktik, evaluasi dan komunitas berkualitas, seluruh peserta mendapat garansi 30 Hari Jadi Ahli, atau uang kembali.

Artikel
Terkait

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x