Keren! Gerakan Ini Mengajak Lebih dari 19.000 Pelajar Bersama-Sama Menulis Buku - Nyalanesia
Search
Close this search box.
Keren! Gerakan Ini Mengajak Lebih dari 19.000 Pelajar Bersama-Sama Menulis Buku

(Surakarta)-Program Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter II: Karesidenan Soloraya yang diprakarsai oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia, mengajak lebih dari 19.000 pelajar dan 250 guru di Soloraya untuk menulis buku.

Program yang diselenggarakan bersama Balai Bahasa dan Pemprov Jawa Tengah, didukung oleh Koordinator Gerakan Literasi Nasional Kemendikbud RI, serta disponsori oleh puluhan perusahaan, instansi dan komunitas ini, menghasilkan 216 buku terbit dalam 72 judul buku berjilid. Selain itu, lebih dari 1500 donasi buku siap menggapai anak-anak di pelosok Nusantara.

Tidak hanya sampai di situ. Selain program menulis buku dan aksi donasi buku, program ini juga menganugerahkan lebih dari 250 piala dan penghargaan bagi siswa, guru, maupun sekolah, serta pemecahan Rekor MURI. Dari program ini, terciptalah jutaan energi yang menguatkan keyakinan untuk menyalakan masa depan Indonesia.

“Gerakan Menulis Buku Indonesia mencoba mengabadikan tulisan-tulisan hasil program Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter II: Soloraya. Diharapkan buku-buku hasil program ini akan menjadi catatan sejarah keberadaan para penulisnya dan bermanfaat serta dikenang oleh generasi penerusnya. Dan lagi, mudah-mudahan buku ini menjadi pemantik api yang pada gilirannya membakar semangat kreatif dalam upaya membangun kebermaknaan hidup kita,” ungkap Tirto Suwondo, Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah.

Kiriman Menarik Lainnya:  PROGRAM LITERASI-Gerakan Sekolah Menulis Buku

Program dengan konsep tour antarkota ini terdiri dari berbagai kegiatan terpadu, di antaranya: Lomba Menulis Puisi secara serentak, Penerbitan Buku Antologi, Launching Buku, Workshop Menulis, dan Seminar Nasionalisme, serta diakhiri dengan aksi donasi Semangat Sejuta Buku: untuk Indonesiaku.

“Lomba menulis puisi kami tujukan untuk menjadi media ekspresi, memicu gairah berkarya, melatih kompetensi, serta memicu minat baca. Penganugerahan juara kami tujukan sebagai media apresiasi dan penanaman semangat kompetisi sejak dini. Workshop Kepenulisan dan Nasionalisme kami gelar untuk menebarkan inspirasi, memberikan penanaman pendidikan karakter, dan memberikan pelatihan kompetensi. Serta aksi donasi buku adalah upaya kami untuk menanamkan sifat kepedulian pada sesama, menambah ketersediaan bahan baca gratis, memicu minat baca, menjadi sumber inspirasi, dan implementasi pendidikan karakter,” terang Sapta Arif Nur Wahyudin selaku Ketua Program Gerakan Menulis Buku Indonesia.

Kiriman Menarik Lainnya:  SOLUSI REVOLUSIONER ATAS SUSAHNYA KENAIKAN PANGKAT BAGI PENDIDIK INDONESIA

Program ini bukanlah program yang pertama. Tahun 2016 lalu, Gerakan Menulis Buku Indonesia telah menyelenggarakan Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter I: Kota Surakarta. Program yang mengajak para pelajar dan pendidik untuk menulis buku ini akan terus diadakan secara tour antarkota, sebagaimana konsep yang mereka tawarkan.

“Belum adanya gerakan semesta yang aktif dan menginspirasi, maka kami tawarkan program ini. Dengan adanya program ini, kami harapkan akan tercipta Generasi Emas, anak-anak Indonesia yang memiliki kualitas karakter, dan kompetensi yang unggul. Generasi yang akan meningkatkan kualitas hidup bangsa Indonesia di masa depan,” terang Lenang Manggala, Founder Gerakan Menulis Buku Indonesia. “Maka, kami tunggu di Gerakan Sekolah Menulis Buku Chapter III: Jawa Tengah. Mohon doanya!” tutupnya sembari tersenyum.

*Artikel ini pernah dimuat di Good News From Indonesia


SEGERA DAFTARKAN SEKOLAH ANDA UNTUK MENGIKUTI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DAN PENERBITAN BUKU PELAJAR TERBESAR DI INDONESIA!


0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Sekolah Literasi Nasional adalah program yang memfasilitasi sekolah secara utuh untuk menciptakan transformasi literasi dan pendidikan berkemerdekaan. Seluruh siswa dan guru, selama 1 tahun penuh akan didampingi untuk meningkatkan kompetensi, prestasi dan melahirkan output berupa karya, sertifikasi, dan proyek-proyek berdampak.

Program ini dirancang khusus agar sekolah dapat dengan mudah dan optimal dalam mengimplementasikan program 6 Literasi Dasar GLS, serta implementasi Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya dan menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Program ini telah terselenggara 7 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 35 provinsi di Indonesia.

SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi BNSP Selamat datang di laman Sertifikasi BNSP yang dipersembahkan oleh Nyalanesia. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan praktisi trainer/instruktur dan asesor resmi bersertifikasi BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Bapak/Ibu telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi.

TEACHER MASTERCLASS

Teacher Masterclass adalah program workshop intensif nasional untuk guru dan dosen guna meningkatkan kualitas diri, melalui 4 kelas eksklusif yakni Kelas Inovasi, Kelas Pemikiran, Kelas Literasi dan Kelas Transformasi, dengan konsep kegiatan edutainment yang berbasis praktik dan output karya.

NEXTGEN TEACHER ACADEMY


NextGen Teacher Academy adalah program Online Bootcamp interaktif selama 30 hari yang didesain secara khusus untuk para guru dan dosen di Indonesia. Dengan metode pelatihan yang mengedepankan pendampingan intensif, berbasis keahlian praktis dan memiliki output berupa karya nyata, program ini didedikasikan untuk melahirkan generasi baru para pendidik masa depan yang kreatif, sejahtera dan mampu memberikan dampak berkelanjutan.

Berbekal sumber daya mentor yang profesional dan hangat, 3 kelas berdampak yang bersertifikat, fleksibilitas pembelajaran, dan dukungan program berupa konsultasi, praktik, evaluasi dan komunitas berkualitas, seluruh peserta mendapat garansi 30 Hari Jadi Ahli, atau uang kembali.

Artikel
Terkait

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x