Melestarikan Budaya Lewat Giat Literasi dan Seni Tari - Nyalanesia
Search
Close this search box.
Melestarikan Budaya Lewat Giat Literasi dan Seni Tari

Mengenal #SosokPenyala

Dwi Anugrah

(Penulis dan Guru SMK Wiyasa Magelang)

Melestarikan Budaya lewat Giat Literasi dan Seni Tari

Aktif dan Konsisten dalam Berkarya

Selain berprofesi sebagai Guru Seni Budaya, Dwi Anugrah juga aktif sebagai penulis dan pegiat seni tari. Beberapa tahun terakhir Dwi Anugrah aktif sebagai penulis tetap pada media pemerintah daerah setempat. Puluhan tulisannya juga berhasil dimuat di berbagai media massa profesional baik media lokal maupun nasional. Sebagai pegiat seni tari, Sosok Penyala ini juga masih aktif sebagai penari di beberapa pertunjukan seni.

Kiriman Menarik Lainnya:  Mari Bergabung Bersama Nyalanesia

Mengabadikan Seni Tari Pertunjukan dengan Tulisan

Selepas melakukan pertunjukan seni tari, Sosok Penyala ini selalu menyempatkan diri untuk mengabadikan kembali momen pertunjukannya melalui tulisan berupa artikel/resensi. Hal itu dilakukan sebab menurutnya, pertunjukan seni tari yang dilakoninya akan hilang jika tidak diabadikan. Maka lewat tulisan, Ia berharap karyanya akan abadi.

Raih Banyak Penghargaan

Konsistensinya dalam dunia literasi dan seni tari selama lebih dari 30 tahun berhasil mengantarkannya meraih banyak penghargaan. Diantaranya menjadi Guru Berprestasi Jenjang SMK se-Kota Magelang dan apresiasi Bintang Budaya dari Bupati Magelang.

Kiriman Menarik Lainnya:  SEMANGAT LITERASI DI SD SARASWATI 3 DENPASAR

Senang Berbagi Karya

Dwi Anugrah mengikutsertakan sekolahnya dalam program Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional 2021. Sebagai seorang Guru Koordinator, Sosok Penyala ini sangat aktif dan senang membagikan karyanya kepada sesama rekan Guru melalui pesan di Grup Whatsapp. Baginya, menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri ketika karyanya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Itu tadi versi Pak Dwi dalam melestarikan Budaya, bagaimana dengan versi Penyala? Ceritakan di kolom komentar ya!

#BeraniBerkarya #SosokPenyala

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Sekolah Literasi Nasional adalah program yang memfasilitasi sekolah secara utuh untuk menciptakan transformasi literasi dan pendidikan berkemerdekaan. Seluruh siswa dan guru, selama 1 tahun penuh akan didampingi untuk meningkatkan kompetensi, prestasi dan melahirkan output berupa karya, sertifikasi, dan proyek-proyek berdampak.

Program ini dirancang khusus agar sekolah dapat dengan mudah dan optimal dalam mengimplementasikan program 6 Literasi Dasar GLS, serta implementasi Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya dan menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Program ini telah terselenggara 7 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 35 provinsi di Indonesia.

SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi BNSP Selamat datang di laman Sertifikasi BNSP yang dipersembahkan oleh Nyalanesia. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan praktisi trainer/instruktur dan asesor resmi bersertifikasi BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Bapak/Ibu telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi.

TEACHER MASTERCLASS

Teacher Masterclass adalah program workshop intensif nasional untuk guru dan dosen guna meningkatkan kualitas diri, melalui 4 kelas eksklusif yakni Kelas Inovasi, Kelas Pemikiran, Kelas Literasi dan Kelas Transformasi, dengan konsep kegiatan edutainment yang berbasis praktik dan output karya.

NEXTGEN TEACHER ACADEMY


NextGen Teacher Academy adalah program Online Bootcamp interaktif selama 30 hari yang didesain secara khusus untuk para guru dan dosen di Indonesia. Dengan metode pelatihan yang mengedepankan pendampingan intensif, berbasis keahlian praktis dan memiliki output berupa karya nyata, program ini didedikasikan untuk melahirkan generasi baru para pendidik masa depan yang kreatif, sejahtera dan mampu memberikan dampak berkelanjutan.

Berbekal sumber daya mentor yang profesional dan hangat, 3 kelas berdampak yang bersertifikat, fleksibilitas pembelajaran, dan dukungan program berupa konsultasi, praktik, evaluasi dan komunitas berkualitas, seluruh peserta mendapat garansi 30 Hari Jadi Ahli, atau uang kembali.

Artikel
Terkait

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x