Program Penerbitan Buku Untuk Siswa dan Gerakan Literasi Sekolah Terbesar di Indonesia - Nyalanesia
Search
Close this search box.
Program Penerbitan Buku Untuk Siswa dan Gerakan Literasi Sekolah Terbesar di Indonesia

Masa depan Indonesia yang menyala adalah cita-cita; pengembangan budaya literasi adalah cara; program Gerakan Sekolah Menulis Buku adalah upaya nyata bersama untuk meraih cita-cita.

Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) adalah sebuah program pengembangan pengetahuan, kompetensi, dan kualitas karakter siswa melalui penguatan budaya literasi yang dilakukan secara bertahap, berpadu, dan berkelanjutan. Program yang diselenggarakan oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama Gerakan Literasi Nasional Republik Indonesia dan Balai Bahasa Jawa Tengah meliputi kegiatan lomba menulis puisi secara serentak, penerbitan buku, festival literasi, bengkel kerja (workshop) dan seminar nasional, penganugerahan pemenang, dan aksi donasi “Semangat Sejuta Buku: untuk Indonesiaku”. Program ini dilaksanakan dalam rangka menyukseskan program Gerakan Literasi Sekolah dan didukung oleh berbagai instansi pemerintah, serta perusahaan pemerhati pendidikan.

Kemendikbud RI

Misi Kemendikbud RI dalam melaksanakan pembangunan pendidikan secara nasional antara lain, mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang memiliki pengetahuan dan kompetensi yang memadai . Hal itu sejalan dengan misi yang dilaksanakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah, yaitu meningkatkan mutu bahasa dan sastra, meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa dan sastra, mengembangkan sarana informasi kebahasaan dan kesastraan, meningkatkan mutu tenaga kebahasaan dan kesastraan, serta mengembangkan kerja sama. Dengan mengacu kepada hal tersebut, Gerakan Menulis Buku Indonesia bersama Gerakan Literasi Nasional Republik Indonesia dan Balai Bahasa Jawa Tengah bekerja sama menyelenggarakan Gerakan Sekolah Menulis Buku Bagian (Chapter III): Jawa Tengah dan Undangan Nasional.

Kiriman Menarik Lainnya:  PNS, THR, DAN 3 HAL YANG MUNGKIN KITA LUPAKAN

Pada penyelenggaraan tahun ketiga ini, program GSMB mengundang sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Jawa Tengah untuk turut berpartisipasi. Selain itu, dalam rangka menasionalkan program ini, secara khusus Koordinator GLN mengundang 15 sekolah terpilih dari masing-masing kabupaten/kota di Indonesia untuk turut berpartisipasi.

Program ini dimanfaatkan oleh setiap sekolah karena ada program lomba menulis puisi dan penerbitan buku ber-ISBN bagi seluruh karya yang dikirimkan oleh siswa. Panitia penyelenggara program GSMB tahun ini menyiapkan fasilitas dan hadiah hingga ratusan juta rupiah.

Kiriman Menarik Lainnya:  Selamat Datang di Nyalanesia. Selamat Datang di Masa Depan yang Menyala

Pengumuman pemenang dan penyampaian hadiah akan dilaksanakan pada saat Festival Literasi: Gerakan Menulis Buku Indonesia pada bulan Oktober 2018 dalam rangka merayakan Bulan Bahasa. Pada acara tersebut para siswa berprestasi akan dihadirkan untuk menimba pengalaman dalam bengkel kerja (workshop) dan seminar dengan pembicara Najwa Shihab, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P., Prof. Dr. Dadang Sunendar, M. Hum., dan Dr. Sutejo, M.Hum.

Pendaftaran peserta Gerakan Sekolah Menulis Buku mulai dibuka pada bulan Mei dan akan ditutup pada 20 September 2018. Target kegiatan ini adalah terdapat sekitar 150.000 siswa yang berkarya bersama dalam 1500 judul buku antologi puisi yang akan diterbitkan secara serentak. Pendaftaran dan informasi program GSMB selengkapnya, dapat dilihat di laman resmi Gerakan Sekolah Menulis Buku.

Sumber: Situs resmi Kemdikbud RI

1 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
WILDATUL AINI
WILDATUL AINI
4 years ago

Bangga dan salut dengan program ini, semoga menjalar ke provinsi lain

SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Sekolah Literasi Nasional adalah program yang memfasilitasi sekolah secara utuh untuk menciptakan transformasi literasi dan pendidikan berkemerdekaan. Seluruh siswa dan guru, selama 1 tahun penuh akan didampingi untuk meningkatkan kompetensi, prestasi dan melahirkan output berupa karya, sertifikasi, dan proyek-proyek berdampak.

Program ini dirancang khusus agar sekolah dapat dengan mudah dan optimal dalam mengimplementasikan program 6 Literasi Dasar GLS, serta implementasi Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya dan menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Program ini telah terselenggara 7 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 35 provinsi di Indonesia.

SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi BNSP Selamat datang di laman Sertifikasi BNSP yang dipersembahkan oleh Nyalanesia. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan praktisi trainer/instruktur dan asesor resmi bersertifikasi BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Bapak/Ibu telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi.

TEACHER MASTERCLASS

Teacher Masterclass adalah program workshop intensif nasional untuk guru dan dosen guna meningkatkan kualitas diri, melalui 4 kelas eksklusif yakni Kelas Inovasi, Kelas Pemikiran, Kelas Literasi dan Kelas Transformasi, dengan konsep kegiatan edutainment yang berbasis praktik dan output karya.

NEXTGEN TEACHER ACADEMY


NextGen Teacher Academy adalah program Online Bootcamp interaktif selama 30 hari yang didesain secara khusus untuk para guru dan dosen di Indonesia. Dengan metode pelatihan yang mengedepankan pendampingan intensif, berbasis keahlian praktis dan memiliki output berupa karya nyata, program ini didedikasikan untuk melahirkan generasi baru para pendidik masa depan yang kreatif, sejahtera dan mampu memberikan dampak berkelanjutan.

Berbekal sumber daya mentor yang profesional dan hangat, 3 kelas berdampak yang bersertifikat, fleksibilitas pembelajaran, dan dukungan program berupa konsultasi, praktik, evaluasi dan komunitas berkualitas, seluruh peserta mendapat garansi 30 Hari Jadi Ahli, atau uang kembali.

Artikel
Terkait

1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x