Ekosistem yang Kami Kembangkan
Melalui Program-Program Literasi

Selamat datang di Ekosistem Nyalanesia. Sebuah ekosistem yang memungkinkan siapapun untuk mendapatkan akses terhadap kompetensi, ekonomi dan kontribusi, melalui program-program literasi yang dikembangkan oleh Nyalanesia.

GSMB Nasional (Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah …

Program Banpelis (Bantuan
Pengembangan Literasi Sekolah) adalah
sebuah program yang memfasilitasi dan …

Program Banpelip (Bantuan
Pengembangan Literasi Pendidik) adalah
sebuah program yang memfasilitasi …

Akademisi Menulis Buku adalah sebuah program pengembangan literasi, yang mengajak akademisi …

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah jutaan rupiah.

Program Banpelis (Bantuan Pengembangan Literasi Sekolah) adalah sebuah program yang memfasilitasi dan mendampingi sekolah-sekolah untuk mengembangkan program literasinya selama 5 tahun kemitraan. Melalui program ini, sekolah yang menjadi Mitra Program akan mendapatkan fasilitas pendampingan, penerbitan buku, serta pelatihan dan sertifikasi kompetensi secara gratis.

Program Banpelip (Bantuan Pengembangan Literasi Pendidik) adalah sebuah program yang memfasilitasi dan mendampingi para pendidik Indonesia untuk mengembangkan karir dan kompetensi berliterasinya selama 3 tahun ke depan. Melalui program ini, para guru, dosen maupun tutor yang menjadi Mitra Program akan mendapatkan fasilitas pendampingan, penerbitan buku, serta pelatihan dan sertifikasi kompetensi secara gratis.

Akademisi Menulis Buku adalah sebuah program pengembangan literasi, yang mengajak akademisi Indonesia (mahasiswa, guru, dan dosen) untuk meningkatkan keterampilan berliterasi dan berkarya dengan menulis puisi, artikel, dan karya berharga tersebut diterbitkan dalam buku antologi bersama.

Apresiasi Literasi dan Pendidikan Indonesia

Festival
Literasi Nasional

Merupakan acara yang menjadi puncak pertemuan, pembelajaran, perayaan, dan penganugerahan, atas setiap program-program literasi yang diselenggarakan oleh Nyalanesia sepanjang tahun. Melalui acara ini, Nyalanesia menciptakan ruang yang mempertemukan pegiat literasi dan pendidikan di seluruh Indonesia untuk berbagi inspirasi dan suka cita bersama, sekaligus menganugerahkan ribuan penghargaan dan total hadiah ratusan juta rupiah.

Festival
Literasi Daerah

Sebuah program pengembangan literasi sekolah yang diselenggarakan oleh Nyalanesia berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah setempat. Melalui program kolaboratif ini, seluruh sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan sederajat akan difasilitasi untuk menerbitkan buku ber-ISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi di tingkat regional dengan total hadiah jutaan rupiah.