RANGKAIAN ACARA SAYEMBARA LITERASI SE-SOLORAYA - Nyalanesia
Search
Close this search box.
RANGKAIAN ACARA SAYEMBARA LITERASI SE-SOLORAYA

Sayembara Literasi diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Gerakan Menulis Buku Indonesia.

 “Literasi Sebagai Penggerak Pembangunan Bangsa”

  1. Ketentuan Umum
  • Acara ini diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jawa Tengah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Gerakan Menulis Buku Indonesia.
  • Peserta Undangan: 700 guru di Soloraya;
  • Acara Inti:

Acara ini terdiri atas dua rangkaian kegiatan yaitu: Lokakarya yang berisi lokakarya kepenulisan dan Penganugerahan Seyembara Literasi Se-Soloraya. Adapun detail rangkaian acara sebagai berikut.

A. Lokakarya Sayembara Literasi Soloraya

a. Waktu :

  • 30 April 2018 : Kota Surakarta, Kab. Sragen, dan Karanganyar
  • 7 Mei 2018 : Sukoharjo dan Wonogiri
  • 14 Mei 2018 : Boyolali dan Klaten

b. Tempat       : Aula Gd. Lama Pascasarjana UNS

c. Materi :

  • Lokakarya Kepenulisan dengan tema “Menumbuhkan-kembangkan Kemampuan Membaca-Menulis di Era Global” oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah;
  • Pelatihan Kepenulisan dengan tema “Artikel Populer Sebagai Wahana Edukasi Masyarakat” oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah;
  • Sosialisasi Program Literasi:

Gerakan Sekolah Menulis Buku dan Adi Acarya Award Sebagai Pendongkrak Kualitas Literasi Indonesia” oleh Gerakan Menulis Buku Indonesia

Kiriman Menarik Lainnya:  Kepala Badan Bahasa Sebut Literasi Cara Ampuh Tangkal Hoaks

B. Acara Puncak Sayembara Literasi Soloraya

a. Waktu : Juli 2018 (tanggal masih dalam perencanaan)

Tempat           : Gedung F FKIP UNS

b. Seminar Pendidikan

Literasi Sebagai Penggerak Pembangunan Bangsa” oleh Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum (Kepala Badan Bahasa Republik Indonesia) dan  Dr. Tirto Suwondo, M.Hum (Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah).

c. Penganugerahan Juara dan penyerahan hadiah Sayembara Literasi Soloraya.

2. Syarat Peserta

Peserta merupakan tenaga pendidik di jenjang pendidikan SMP/MTS, SMA/MA/SMK, dan Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang ada di wilayah Karesidenan Soloraya.

  1. Kontribusi

Rp 75.000,00/peserta

Rp 200.000,00/3 peserta

4. Fasilitas

A. Lokakarya Sayembara Literasi Soloraya

a. Lokakarya & Seminar Kit

b. Snack

c. Makan Siang

d. Sertifikat Lokakarya dan Sayembara Literasi Soloraya 26 Jam bertandatangan Balai Bahasa Jawa Tengah dan Gerakan Menulis Buku Indonesia, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:

  • Lokakarya Kepenulisan : 5 jam
  • Teknik Penulisan Artikel : 3 jam
  • Praktik Penulisan Artikel : 6 jam
  • Penerbitan Buku Artikel : 4 jam
  • Sosialisasi Kegiatan Literasi : 2 jam
  • Seminar Nasionalisme : 6 jam

e. Sertifikat Penulis bertandatangan Balai Bahasa Jawa Tengah dan Gerakan Menulis Buku Indonesia

Kiriman Menarik Lainnya:  Soul of Lonely

f. Peserta secara otomatis akan diundang secara GRATIS pada acara puncak penganugerahan Sayembara Literasi Se-Soloraya di bulan Jul

g. Seluruh karya peserta hasil Lokakarya akan diterbitkan menjadi Buku Antologi

h. Failitas Penerbitan Buku Gratis dari Gerakan Menulis Buku Indonesia.

B. Acara Puncak Sayembara Literasi Soloraya

  • Seminar Kit
  • Snack
  • Makan Siang

5. Cara berpartisipasi:

a. Konfirmasi partispasi dan melakukan pembayaran maksimal dua hari sebelum pelaksanaan setiap gelombangnya.

b. Pendaftaran dapat dilakukan secara online melaui SMS atau Whatsapp

c. Format Pendaftaran Perorangan: Rp 75.000,00

(Sudah termasuk fasilitas Lokakarya dan Acara Puncak)

  • Ketik: SLS – Sekolah – Nama Lengkap
  • Kirim ke 0822-4366-2752 atas nama Mipa Tyasmala

d. Format Pendaftaran Kelompok: Rp 200.000,-/ 3 Guru atau Rp 300.000,-/ 5 Guru (Sudah termasuk fasilitas Lokakarya dan Acara Puncak)

Ketik: SLS – Sekolah – Nama 1/Nama 2/Nama 3/Nama 4/Nama 5

Kirim ke 0822-4366-2752 atas nama Mipa Tyasmala

e. Melakukan transfer biaya pengganti fasilitas melalui transfer ke rekening BRI 1298-01-001464-50-6 a.n Fitria Nuryani.

f. Setelah melakukan pembayaran, harap bukti transfer bisa dikonfirmasikan ke nomor 0822-4366-2752 atas nama Mipa Tyasmala.


Klik untuk cek info lomba atau event lainnya


SEKOLAH LITERASI NASIONAL

Sekolah Literasi Nasional adalah program yang memfasilitasi sekolah secara utuh untuk menciptakan transformasi literasi dan pendidikan berkemerdekaan. Seluruh siswa dan guru, selama 1 tahun penuh akan didampingi untuk meningkatkan kompetensi, prestasi dan melahirkan output berupa karya, sertifikasi, dan proyek-proyek berdampak.

Program ini dirancang khusus agar sekolah dapat dengan mudah dan optimal dalam mengimplementasikan program 6 Literasi Dasar GLS, serta implementasi Project Based Learning dan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka.

GSMB NASIONAL

Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMB Nasional) adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah terpadu, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA/SMK untuk berkarya dan menerbitkan buku, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat nasional dengan total hadiah ratusan juta rupiah. Program ini telah terselenggara 7 tahun dan telah diikuti ribuan sekolah dari 35 provinsi di Indonesia.

SERTIFIKASI BNSP

Sertifikasi BNSP Selamat datang di laman Sertifikasi BNSP yang dipersembahkan oleh Nyalanesia. Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dengan praktisi trainer/instruktur dan asesor resmi bersertifikasi BNSP.

Sertifikat BNSP adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai bukti bahwa Bapak/Ibu telah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan untuk suatu profesi.

TEACHER MASTERCLASS

Teacher Masterclass adalah program workshop intensif nasional untuk guru dan dosen guna meningkatkan kualitas diri, melalui 4 kelas eksklusif yakni Kelas Inovasi, Kelas Pemikiran, Kelas Literasi dan Kelas Transformasi, dengan konsep kegiatan edutainment yang berbasis praktik dan output karya.

NEXTGEN TEACHER ACADEMY


NextGen Teacher Academy adalah program Online Bootcamp interaktif selama 30 hari yang didesain secara khusus untuk para guru dan dosen di Indonesia. Dengan metode pelatihan yang mengedepankan pendampingan intensif, berbasis keahlian praktis dan memiliki output berupa karya nyata, program ini didedikasikan untuk melahirkan generasi baru para pendidik masa depan yang kreatif, sejahtera dan mampu memberikan dampak berkelanjutan.

Berbekal sumber daya mentor yang profesional dan hangat, 3 kelas berdampak yang bersertifikat, fleksibilitas pembelajaran, dan dukungan program berupa konsultasi, praktik, evaluasi dan komunitas berkualitas, seluruh peserta mendapat garansi 30 Hari Jadi Ahli, atau uang kembali.

Artikel
Terkait