Teacher Literacy Award 2020

Seperti Anda, kami juga percaya: bahwa meningkatkan budaya literasi dan kualitas pendidikan, menjadi kunci bagi kemajuan setiap insan, bangsa dan peradaban. Oleh karenanya, itu yang harus fokus kita kerjakan; dan kita harus bergandeng tangan.

Dalam upaya memajukan kualitas dan budaya literasi bagi calon penerus bangsa, pada akhirnya, para Guru lah yang menjadi aktor utamanya. Kreativitas, dedikasi, dan keteladanannya, menjadi poin-poin penting bagi terciptanya generasi Indonesia yang literatif dan memiliki semangat berkarya.

Dalam rangka memberikan apresiasi tertinggi bagi para pendidik Indonesia yang selama ini telah berjuang di garis terdepan dalam memajukan budaya literasi para pelajar, GMB-Indonesia bersama Pallawa Research Institute menyelenggarakan program Teacher Literacy Award.

Selain untuk memberikan apresiasi, program ini diharapkan dapat menjadi ajang kolaborasi, peningkatan kompetensi serta publikasi bagi para pendidik yang selama ini berjibaku mengembangkan program literasi di sekolahnya. Karena kami percaya, para pendidik yang berjuang memajukan literasi di sekolahnya, adalah para pahlawan yang sesungguhnya. Setiap perjuangan dan gagasannya, layak untuk didengar dan diperdengarkan pada dunia.

YANG KAMI KEMBANGKAN

Publikasi

Melalui program ini, kami akan mempublikasi profil guru pejuang literasi beserta programnya agar dapat menjadi inspirasi bagi guru guru Indonesia.

Edukasi

Melalui program ini, para pendidik akan mendapatkan berbagai workshop yang dapat mendorong peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

Sertifikasi

Melalui program ini, para pendidik akan mendapatkan sertifikat Instruktur Program Literasi, Guru Inspiratif dan Inovator Program Literasi Sekolah.

Apresiasi

Melalui program ini, kami akan memberikan hadiah dan penghargaan bagi 3 Guru Terpilih dan 25 Nominator program Teacher Literacy Award.

Kolaborasi

Melalui program ini, kami akan memfasilitasi para pendidik untuk menjalin kolaborasi antar sesama peserta maupun dengan instansi terkait.

Ekplorasi

Melalui program ini, para pendidik mendapatkan pendampingan pengembangan program literasi untuk memperbesar output dan manfaatnya.

PENGHARGAAN

Juara 1

Duta Guru Literasi Nasional + Piala Teacher Literacy Award + Piagam Penghargaan + Rp2.000.000,- + Pendampingan Pengembangan Program Literasi Sekolah

Juara 2

Piala Teacher Literacy Award + Piagam Penghargaan + Rp1.500.000,- + Pendampingan Pengembangan Program Literasi Sekolah

Juara 3

Piala Teacher Literacy Award + Piagam Penghargaan + Rp1.000.000,- + Pendampingan Pengembangan Program Literasi Sekolah

25 Nominator: Plakat Teacher Literacy Award + Piagam Penghargaan + Pendampingan Pengembangan Program Literasi Sekolah

Seluruh Peserta: Sertifikat + Pelatihan

KETENTUAN PROGRAM

1. Pendaftar merupakan Kepala Sekolah atau Guru yang mengajar di jenjang SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA di seluruh Indonesia
2. Berkewarganegaraan Indonesia dan berstatus sebagai guru aktif, tanpa batasan usia
3. Memiliki program pengembangan literasi di sekolah tempatnya mengajar
4. Mengisi formulir pendaftaran dan informasi program literasi yang dijalankan
5. Bersedia mengikuti tahapan penilaian
6. Bersedia diwawancarai, diliput, dan mengirimkan dokumentasi
7. Program ini tidak dipungut biaya apapun
8. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat
9. Batas pendaftaran diperpanjang hingga 15 Oktober 2020
10. Pengumuman Nominator pada 28 Oktober 2020
11. Pengumuman juara dan penganugerahan pada 22 Maret 2021, bertepatan dengan Festival Literasi Nasional Ke-5.

ACHIEVEMENTS

MITRA KOLABORASI

KATA MEREKA

Teacher Literacy Award 2020